Pelapak online seperti ini sebaiknya jangan dibeli produknya !

Attitude & kredibilitas menjadi modal penting bagi pedagang online

Judul dari artikel masterdropshipp kali ini ngeri-ngeri sedap, pengalaman saya pribadi menjadi pedagang online sejak tahun 2014 kerap kali menemukan deskripsi ataupun regulasi dari setiap toko online yang agak ngawur & menurut saya pribadi tidak menguntungkan kedua belah pihak, baik customer maupun seller.

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, saya merupakan customer online dengan intensitas pembelian ke marketplace dikategorikan sering, mulai dari mencari kebutuhan pribadi seperti fashion, sparepart, aksesories, bahkan sampe suplemen vitalitas pria hehe..
Tidak sedikit pelapak online yang saya rasakan agak nyeleneh, baik dalam hal pelayanan, kualitas produk maupun after salesnya.
Sebagai nyontoh nyata, sobat bisa lihat screenshoot salah satu lapak yang masuk dalam kategori bad attitude seller dibawah :


Di keterangan header profil lapak tersebut tertera regulasi pelapak yang sangat tidak baik menurut masterdropshipp,
~ Memberi ulasan bintang 3 bawah auto blok !
~ Dilarang bawel nanya-nanya resi

Kenapa saya memberikan contoh salah satu lapak diatas? sebetulnya masih ada beberapa lapak online lain yang lebih parah dari contoh diatas, tetapi karena aspek objektifitas & pengalaman pribadi membeli beberapa produk di lapak tersebut.

Tahun lalu tepatnya menjelang pergantian tahun,saya membeli salah satu produk kaos dilapak tersebut, dengan pertimbangan desain yang yang keren serta tampilan template produk yang eyecathing akhirnya tertarik membeli produk tersebut, saya follow up via chat untuk bertanya ketersediaan produk & bertanya sekilas tentang material kaosnya kepada pelapak, respon terhadap chat pun lumayan lama sih, sekitar 20 menitan. Akhirnya saya checkout dengan model yang di inginkan beserta sizenya. dikarenakan checkout order terkonfirmasi malam hari, asumsi saya produk bakal dikirim keesokan harinya, yah mungkin sekitar besok malamnya. Tetapi sudah H+2 semenjak checkout belum kunjung dikirimkan, coba di chat pun tidak ada respon. H+3 atau menjelang expired order barulah pelapak mengirimkan orderan tersebut.

Setelah menunggu 2 hari pengiriman akhirnya datang juga produk yang diorder, dari awal lihat packingnya pun kurang secure & terlihat sekali murahan (wrap plastik keresek seadanya). 
Waw ketika dibuka packing plastiknya, produk yang saya order ternyata tidak sesuai dengan varian warna & size yang diinginkan, pesan warna hitam size L dikirimkan size M warna navy. Dengan perasaan kecewa saya buka applikasi marketplace dan coba untuk menghubungi pelapak lewat chat, rsponnya luar biasa lama,chat pagi hari baru dibalas malam. Dengan seenaknya pelapak tersebut merespon keluhan dengan kata-kata sebagai berikut "Retur aja bro ngga usah ribet, ntar kita ganti kok ongkirnya". Akhirnya dengan penuh rasa kekesalan, saya tidak menanggapi respon tersebut dan konfirmasi terima barang serta memberikan ulasan apa adanya + bintang 2, sekitar lima menit berselang, si pelapak menghubungi saya melalui chat ngemis-ngemis minta ratingnya dirubah menjadi bintang 4, tidak hanya mengemis minta bintang 4, sipelapak pun mengancam akan memblok account saya biar ngga bisa repeat order tuturnya, hahaha memang lucu & aneh bukan?

Perhitungan sistematis mengenai perihal diatas :
Jika sobat perhatikan dari screenshoot diatas, total rating toko 4.5 dari total 14.911 transaksi
14911 : 4.5 = ditemukan nilai average = 3.3
Jika statistik jumlah follower sebesar 14.687 dibagi dengan total nilai rata-rata 3.3 = 4450
14.687 - 4450 = 10.237

Kesimpulan : 10.237 customer memberikan rating rata 3.3, dan kemungkinan besar sebanyak itulah cutomer yang diblok olek pelapak tersebut.
Tidak heran kenapa lapak tersebut dengan jumlah transaksi ratusan perbulan tapi belum menjadi star seller, padahal usia lapaknya sudah lebih dari 3 tahun.

Konklusi :
Jangan pernah takut akan kritik, saran & ulasan yang terkadang dirasa merugikan. Dari sisi positif customer selalu benar, objektif.
Jika melakukan kesalahan teknis maupun non teknis jangan segan untuk follow up & meminta maaf kepada customer, beri pelayanan terbaik.
Karena tingkat kepuasan cutomer sejalan dengan kualitas produk & pelayanan pelapak. saya jamin 100%.
Jika ada kompetitor yang usil memberikan rating bintang 1 & testimoni jelek jangan hiraukan, biarkan saja. Dunia bisnis itu kejam apalagi online segmen. 

- Kenali produk yang akan sobat jual, baik secara spesifikasi dll
- Biasakan komunikasi dengan pembeli jika menemukan kendala, seperti stock, kualitas produk, dsb
- Jujur pada diri sendiri & orang lain

Mudah-mudahan sobat sukses semua tidak melakukan sama halnya seperti contoh diatas, dan bisa menjadi acuan bagaimana menjalin relationship yang berkepanjangan dengan customer, karena kepuasan akan suatu produk akan menular layaknya virus.

Terimakasih sudah berkunjung di blog masterdropshipp.blogspot.com, jika sobat punya pengalaman seperti diatas silahkan isi di kolom komentar :)






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelapak online seperti ini sebaiknya jangan dibeli produknya !"

Post a Comment

Terima kasih, saran & masukannya sudah kami tampung