Bingung memulai & tidak tau harus melakukan apa?
Halo sobat masterdropshipp, jika membaca judul diatas mungkin Anda mempunyai pertanyaan bahkan merasakan hal yang sama ketika Anda mencari referensi tentang ilmu & pengenalan berniaga online yang semakin hari semakin bagus prospek kemajuannya.
"Pertumbuhan ekonomi akan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang ada di suatu wilayah" begitulah menurut pakar ekonomi modern yang memprediksi sektor online market atau yang lebih dikenal dengan istilah E-Commerce akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan kemajuan teknologi dan penggunanya.
Sebelum kita masuk ke subtansi dari tema kita diatas, mari kita perhatikan tabel user atau pengguna internet di Indonesia.
Source : Hootsuite 2019 |
Jika kita perhatikan dengan seksama, pengguna internet atau teknologi berbasis informasi di Indonesia sudah mencapai angka 56% dari jumlah populasi, dilansir dari hootsuite.
Sedangkan pelaku pasar atau kita sebut saja pedagang online masih sekitar 9 % saja menurut global survei E-Commerce indonesia per tahun 2018 akhir.
Data survei Global Web Index Q2 & Q3 menunjukan 86 persen orang Indonesia membeli produk atau jasa secara Online. Sekali lagi ini menunjukan bahwa seiring dengan kemudahan pembayaran (Entah itu melalui Kartu Kredit, Mobile Banking, Internet Banking, atau bahkan pembayaran cash melalui minimarket atau COD) transaksi online pun terus meningkat.
Hal ini juga dipengaruhi dengan semakin banyaknya pengguna Internet melalui smartphone di Indonesia sebesar 84% (Diambil dari data GSM Intelligence berdasarkan akses Internet 3G dan 4G, dan tidak terikat pada individual pada Q4 dan Januari 2019)
Dari kemudahan pembayaran dan kemudahan dalam akses tersebut yang berperan besar terhadap meningkatnya progress pembelian secara online di Indonesia.
Peningkatan permintaan & penggunaan transaksi berbasis online sebesar 5.9 % dibanding tahun lalu.
Didukung dengan infrastruktur digital yang semakin terus tumbuh & kemudahan akses internet di berbagai wilayah di Indonesia menjadi salah satu pendorong minat pangsa pasar online di Indonesia semakin beralih ke online market. Transaksi pembelian masih di dominasi melalui jasa online marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dsb.
Tidak hanya dukungan kemudahan secara infrastruktur, media marketplace online pun semakin banyak dipercaya oleh penggunanya dengan kemudahan bertransaksi, baik untuk pembayaran, pengiriman maupun layanan kualitas seperti jaminan kualitas produk, free retur, gratis ongkir, jaminan garansi produk dsb.
Dengan mempertimbangkan beberapa poin diatas, sudah saatnya Anda beralih dari sekedar user atau customer menjadi pelaku bisnis online. Banyak sekali media yang mempunyai prospek potensial selain marketplace, Media social pun merupakan lahan basah untuk media ekspansi bisnis online.
Demikian Basic pengenalan seputar E-Commerce, semoga informasi mengenai hal diatas bisa memotivasi Anda untuk lebih mengenal sektor E-Commerce yang semakin hari semakin pesat pertumbuhannya.
Terima kasih
masterdropshipp.blogspot.com
0 Response to "Pengenalan dasar seputar informasi E-Commerce di Indonesia [Basic learning from zero to hero 1]"
Post a Comment
Terima kasih, saran & masukannya sudah kami tampung